Minggu, 13 April 2014

Paedagogi Abad Ke-21

Paedagogi Abad Ke-21


           Paedagogi terus dikaji dan didiskusikan secara luas, dan semakin orang tertarik untuk membahasnya  hingga abad ke -21, sehingga disebut pula paedagogi progresif. Mengapa begitu? Hal ini dapat dijelaskan dengan semakin majunya pengetahuan, teknologi dan komunikasi yang menyumbang pengaruh besar bagi proses pembejaran dan pengajaran. Paedagogi dituntut untuk bisa menyesuaikan diri bahkan merancang ulang (bila diperlukan) agar dapat selaras dengan tuntutan zaman dan kebutuhan peserta didik. Banyaknya ide dari hasil diskusi yang terus berkembang tersebut pun juga menjadi bahan pertimbangan untuk wajah paedagogi di masa depan. Hal ini perlu diperhatikan, karena hasil paedagogi yang dirumuskan tentu akan diujicobakan pada generasi peserta didik selanjutnya, yang mana bila tidak dirumuskan dengan bijak dan serius, akan menimbulkan regresi dan pengaruh buruk bagi peserta didik di masa depan.

            Nah, setelah dipahami urgensi dihasilkannya paedagogi yang konstruktif, kita perlu melihat paedagogi dari sudut pandang ilmiah dan praktis. Paedagogi ilmiah/teori /formasl adalah paedagogi yang berfokus pada ilmu dan teori paedagogi dan penelitian ilmiah yang merupakan fondasinya. Sedangkan paedagogi praktis/vernakular berkaitan dengan seni, teknik dan praktek paedagogi dalam pengajaran dan pembelajaran langsung. Sekilas hal ini terlihat bagai dua hal yang terpisah, namun dua hal ini saling berhubungan dan memerlukan satu sama lain. Hal ini dapat dilihat dari fungsi penelitian-penelitian paedaogis yang memiliki dua fungsi, yaitu pertama, menghasilkan pengetahuan baru tenntang pengajaran dan pembelajaran (yangmana fungsi ini melahirkan paedagogi teoritis), dan fungsi kedua, yaitu memungkinkan guru atau pendidik memahami, menjelaskan, membela, membenarkan dan bila perlu memodifikasi paedagogi (yangmana fungsi ini melahirkan paedagogi praktis). Dengan adanya teori-teori paedagogi dapat menjadi dasar dan acuan penerapan paedaogi untuk mengajar bagi guru yang menjadikan proses pengajaran dan pembelajaran lebih praktis. Dengan adanya praktik-praktik paedagogi seperti pengalaman guru dalam mengajar dapat menjadi bahan penelitian maupun evaluasi yang merupakan sumber kemajuan paedagogi ilmiah.

            Keterkaitan antara ilmu/teori dan seni/ praktik paedagogi dapat dibangun melalui kerangka kebijakan yang mengkodifikasi pengetahuan paeadagogis guru, yaitu berupa penyelerasan dengan standar profesional atau kerangka kerja guru. Terkait hal ini, lebih jelasnya dapat dicermati melalui studi sistematik kepedagogian yang erat kaitannya dengan penerapan paedagogi. Penelaahan antara paedagogi dan standar profesional guru diperlukan. Guru diharapkan mengembangkan sendiri pendekatannya untuk spesialisasi profesional di bidang paedagogi. Keterampilan paedagogi yang bersinergi dengan penguasaan standar profesional akan memunculkan penampilan guru sejati. Kebangkitan paedagogi selaran dengan semangat dan profesionalisme guru. Dalam mewujudkan hal tersebut, diperlukan studi sistematik yang bermanifestasi dalam bentuk penelitian-penelitan paedagogis, yang diharapkan dapat mendefinisikan, menjelaskan, memprediksi dan menemukan arah ke masa depan bagi perbaikan sistem pendidikan secara keseluruhan.

        Dalam mewujudkan hal tersebut, terdapat tiga tantangan yang harus dihadapi dan penyelesaiannya, yaitu:
  1. Kurangnya pemahaman pendidik atau guru mengenai teori dan penerapan paedagogi terbaik bagi masa depan peserta didik. Hal ini dapat disiasati dengan memenuhi kebutuhan kodifikasi dan mengkomunikasikan pengetahuan paedagogis praktis guru, misalnya dengan dokumentasi standar profesional.
  2. Perlunya membangun sistem paedagogis untuk berbagi pengetahuan manajemen ilmiah dan menyediakan waktu yang cukup bagi guru untuk mengembangkan dan menerapkan pengetahuan tersebut
  3.  Mengembangkan kerangka teori yang kuat terhadap ilmu baru paedagogi



Dirangkum penulis dari:
Danim, P. D. (2013). Paedagogi, Andragogi dan Heutagogi. Bandung: ALFABETA, cv.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar