Hasil Survey
Dalam rangka memenuhi tugas pembuatan survey online pada mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya menggunakan http://kwiksurveys.com dalam membuat survey saya mengenai pengaruh mengikuti bimbingan belajar (bimbel) dan les private terhadap proses belajar siswa. Setelah dilakukan survey, akhirnya saya mendapat 51 responden dan berikut hasil survey yang saya lakukan.
1. siswa penting untuk mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private
Agree | 29 |
|
Neutral | 20 |
|
Disagree | 2 |
|
Dari hasil survey disimpulkan bahwa cukup banyak orang yang menganggap bahwa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private penting bagi siswa, namun sebagian orang menganggap bahwa penting tidaknya mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private tergantung pada kebutuhan siswa itu sendiri.
2. sewaktu masa sekolah, saya pernah mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private
Agree | 49 |
|
Neutral | 1 |
|
Disagree | 1 |
|
Dapat disimpulkan bahwa hampir semua mahasiswa psikologi usu dulunya pernah mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private ketika masa sekolah.
3. mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private hanya membuang waktu dan biaya
Agree | 1 |
|
Neutral | 9 |
|
Disagree | 41 |
|
Kebanyakan berpendapat bahwa dengan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private tidak memberikan dampak negatif atau kerugian seperti membuang waktu dan biaya karena dirasa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private cukup memberikan manfaat bagi siswa.
4. sewaktu masa sekolah saya lebih menyukai belajar di bimbingan belajar (bimbel) atau les private daripada belajar di sekolah
Agree | 15 |
|
Neutral | 26 |
|
Disagree | 10 |
|
Dapat disimpulkan bahwa ketertarikan siswa dalam menyukai proses belajar baik di bimbingan belajar (bimbel) atau les private maupun di sekolah bersifat subjektif.
5. saya lebih mudah berdiskusi dan mengemukakan pendapat ketika belajar di bimbingan belajar (bimbel) atau les private daripada di sekolah
Agree | 19 |
|
Neutral | 23 |
|
Disagree | 9 |
|
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam berdiskusi dan mengemukakan pendapat ketika belajar dapat bersifat subjektif, namun didapati lebih banyak siswa lebih mudah berdiskusi dan mengemukakan pendapat ketika belajar di bimbingan belajar (bimbel) atau les private daripada di sekolah daripada sebaliknya.
6. dengan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private cukup efektif dalam membantu meningkatkan prestasi siswa
Agree | 39 |
|
Neutral | 10 |
|
Disagree | 2 |
|
Kebanyakan responden setuju bahwa dengan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) atau les private cukup efektif dalam membantu meningkatkan prestasi siswa.
7. tentor/guru/pengajar di bimbingan belajar (bimbel) atau les private biasanya lebih kreatif dan seru dalam menyampaikan materi pelajaran
Agree | 36 |
|
Neutral | 14 |
|
Disagree | 1 |
|
Kebanyakan responden cukup setuju bahwa tentor/guru/pengajar di bimbingan belajar (bimbel) atau les private biasanya lebih kreatif dan seru dalam menyampaikan materi pelajaran.
Testimoni
Menurut saya, proses pengerjaan survey ini cukup memusingkan dan rumit bagi saya awalnya, karena hal ini merupakan hal yang baru bagi saya. Namun akhirnya dengan bantuan teman-teman saya, saya jadi dapat mengerti cara menggunakan survey ini. Yang saya rasakan dengan adanya penugasan survey membuat saya berusaha untuk mau mencoba hal baru, semakin kreatif dan menambah pengalaman saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar